Thursday 12 August 2010

jenqidoodle Project - Hari 2

Day 2
Gather learning materials to help you practice your service before taking on a client. As I mentioned in the introduction to this list, you should spend at least 1 hour per day just developing your skill. While this should be mainly direct practice (doing rather than reading about), you will need to gather materials to guide you here. This includes articles, interviews and tutorials. Focus mainly on developing techniques you could actually see yourself using in client work.

Hari 2

"Gather learning materials to help you practice your service before taking on a client."
Catatan Penulis:
Yep. Progress hari kedua dan hari ketiga memang telat saya posting, karena dua hari kemarin banyak distraksi. Salah satunya karena sedang ada promo tiket murahhh, huaaa!! Ceritanya mau tobat dulu buat jalan-jalan, tapi harga murah bener-bener bikin ngiler. Akhirnya sempet hunting tiket lagi, OH NO!
Kemarin saya sudah mendaftar beberapa website tutorial, hari ini saya mencoba slicing PSD dan memformatnya menjadi CSS, ini tutorial yang hari ini saya coba: Design and Code Your First Website in Easy to Understand Steps

Tutorial berjenis step-by-step ini gampang banget untuk diikuti, asal telaten aja. Awalnya membosankan saat masih tahap editing HTML, tapi begitu masuk CSS styling, baru deh saya semangat.

Dari tutorial ini, saya mulai mendapatkan gambaran keseluruhan tentang perintah-perintah dalam CSS dasar. Untuk desain, saya sudah ubah sebagian namun tidak terlalu krusial. Cuma menambahkan background untuk footer dan mengubah beberapa warna. Lumayan buat latihan.

Saat sedang mengerjakan Step ke-26, internet saya tiba-tiba mati dan saya tidak sengaja me-refresh halaman tutorial tersebut!
Looking up...
...
...
Server Not Found
- Oh tidaaakkk!!
Argh, akhirnya saya coba-coba sendiri deh, untung saja masih termasuk CSS dasar, jadi bisa saya kira-kira dulu. Untung sekitar setengah jam kemudian internet menyala lagi dan saat saya cek ternyata kerjaan saya lumayan mirip dengan tutorialnya. Huehehe ternyata saya bisa juga...

Ini hasil akhirnya:
Day 2 - jenqidoodle project

Kalau iseng mau men-download file hasil akhirnya, bisa lewat tautan yang ini:
http://dl.dropbox.com/u/1542196/day2-jenqidoodle.psd (2.7MB)
http://dl.dropbox.com/u/1542196/day2-tutorial.rar (161 kb)

Ternyata saya harus menghabiskan sekitar 2,5-3 jam untuk menyelesaikan tutorial ini. Dan saya baru sadar kalau ada beberapa langkah yang terlewat, heuheu... Sekarang mata saya berkunang-kunang. Huaaa, udahan dulu ah...

Kita lanjut besok yak.


Bacaan lebih lanjut:

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails