Monday 9 August 2010

jenqidoodle Project - Hari 1

Day 1
Decide on the one service you will offer. I emphasize picking only one specific service because without freelance experience, you are probably not already highly skilled in the area you want to freelance in. Even if you have been practicing it as a hobby for a long time, providing that skill as a service is a different challenge. If you are wanting to freelance in web design, don’t offer everything and the kitchen sink to begin with (complete design + front-end code). Provide PSD mockups only. If you’re more on the dev side of things, start with some code slicing jobs. If you want to write, start with one specific kind of writing. This approach will help you become skilled in the service you provide very quickly. Since you want to be taking on your first client in 30 days, it’s crucial that you develop your skills to an adequate level. Once you become comfortable with providing that one service, you will naturally expand what you offer.
Hari 1

Yayy!! My first day! Bismillah.

"Decide on the one service you will offer."

Okeh, beberapa waktu yang lalu saya sudah memutuskan untuk membuat studio web design and development DAN eBook design & layout. Ini adalah dua bidang yang tidak pernah membuat saya bosan dalam menguliknya (insyaAllah). Jadi tugas hari ini sudah kelar jauh-jauh hari.

Start Working, by arinas74

Untuk saat ini saya fokus ke web design & development. Jujur saya masih harus belajar banyak memang, karena kemajuan internet sangaaaaatttt cepat dan tiap harinya pasti ada yang baru. Saat ini saya sedang belajar (pelan-pelan) slicing PSD to HTML; CSS3; wordpress theme development; dan mengumpulkan resources. It's really fun! It's like meeting some old pals and share our old time stories.

Tapi saya kini akan fokus dulu ke pembuatan layout yang rapih dengan PSD. Sementara saya menemukan beberapa website di bawah ini, siapa tahu ada yang mau belajar bareng:

(1) Resources & Inspirations:

(2) Tutorials:

Masih ada banyak sih artikel-artikel tentang web design yang informatif dan menarik, tapi di atas sudah saya pilih yang krusial saja. Ngomong-ngomong, ada yang mau membantu mengajarkan saya? Hehehe...

Untuk eBook design & layout, saya terinspirasi oleh designbyreese. Banyak professional blogger yang telah menjadi kliennya, dan --terutama-- saya suka desain-desainnya! Terlihat profesional dan membuat penulis eBook-nya terlihat serius dalam mengembangkan bisnisnya. Saya tidak pernah terpikir sebelumnya bahwa jasa ini bisa menjadi bisnis yang potensial. Apalagi di luar sana masih banyak eBook yang kurang terdesain dengan baik, padahal kontennya sudah bagus. Sebagai pehobi baca, kadang-kadang saya malah jadi malas membaca eBook tersebut cuma karena desain dan tata letak yang buruk. (Tapi buat yang satu ini sementara masih untuk sampingan, mau fokus ke web design dulu.)

Oke. Itu update saya.

Ngomong-ngomong, saya baru menemukan website kocak:
CLIENTS FROM HELL - A collection of anonymously contributed client horror stories from designers. If you're a designer, you'll find that website's kinda funny yet ironic.


Oh. And hooray! Today's my birthday!
What a coincidence, rite? Haha! :D

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails