Saturday 9 May 2009

Everything You Ever Really Needed to Know About Personal Finance On Just One Page

Tiba-tiba pengen ngebahas tentang keuangan...


Awalnya karena terinspirasi oleh prinsip temen gw yang kaya gini :
"Pokoknya pas umur 25 gw musti bisa hidup dari jerih payah gw sendiri. Biar hidup mo susah kek, yang penting gw ngga tergantung sama orang lain lagi."

Waktu itu --kalo ngga salah-- kita masih kuliah tingkat 3. Gw sendiri waktu itu sih cuma fokus biar cepet lulus aja, belum kepikir hal-hal kaya gitu. Tapi ngga tau kenapa, saat itu kata-kata dia melekat banget di otak gw. (FYI, --setau gw-- temen gw itu anak orang yang cukup berada, makanya gw salut dia udah mikir kaya gitu)

Tapi "waktu" berjalan cepet banget.

Tiba-tiba...
"Hahh, tahun depan gw udah 25 aja!" (...waktu itu ya, hehehe).

Ditambah gw baru lulus kuliah (lagi), dan ditambah lagi gw baru dapet kerja dengan penghasilan tetap --dulunya gw berstatus freelancer--, gw tiba-tiba jadi terpacu untuk mencapai target si temen gw itu. Gw cuma mikir, kira-kira gw bisa ngga sih seperti dia.

Intinya gw pengen (mengutip kata-kata Adhitya Mulya) :
"Kecil, gak nyusahin orang tua. Tua, gak nyusahin anak."
*Artikelnya bagus! Baca deh.*

Yakk! Mulailah perjalanan gw dalam mencari info tentang perencanaan keuangan pribadi. Masih awam banget soalnye.

Hmmm...
Tapi gw ngga mau nyeritain detilnya ah, hehehe...

Soalnyaaaa...

(...selain karena gw belom kompeten dalam membahas topik ini...)

...

...semua info yang Anda perlukan tentang personal finance udah ada di sini nih: The Simple Dollar - "Everything You Ever Really Needed to Know About Personal Finance On Just One Page" (FREE e-book! Sounds yummy, eh?)

E-book karya Trent Hamm ini memiliki 5 ide utama:
(1) Spend Less than You Earn
(2) Earn More
(3) Live Frugal
(4) Manage Your Money
(5) Control Your Own Destiny

Dalam e-book ini banyak tips praktis yang bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. Teorinya sih memang terkesan mudah & klise, tapi bagi sebagian orang, pelaksanaannya itu yang sulit.

Hamm sendiri berkata seperti ini dalam e-booknya :
"The Final Thought
You can do this. Two years ago, I was almost bankrupt and in deep despair because I didnʼt believe this stuff, either. It took a lot of learning and a lot of honest soulsearching, but I began to realize what was really important and I turned the ship around. Trust me: you can do it, too."
Di e-book ini juga dicantumkan link website-website yang membahas tentang personal finance. Informatif banget lah pokoknya.

Salah satu kalimat yang gw suka dari e-book ini adalah :
"Not about being rich, it's all about freedom."

Berhubung (masih) gratis, monggo diunduh... :)

*gambar tabungan babi diambil dari sxc.hu

2 comments:

  1. "Not about being rich, it's all about freedom." -> it's really cool! thx

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails