Saturday 25 July 2009

Sup Krim Kentang Tengah Malam

Supper time!

Salah satu hobi gw adalah... nyoba eksperimen bikin makanan dengan bahan seadanya (khususnya pas lagi laper di tengah malam & ngga ada makanan yang menarik hati).

Jadi inget masa-masa nge-kost di Bandung, dulu gw suka eksperimental bikin-bikin sesuatu dengan bahan-bahan yang ada di kulkas. Ga semuanya berhasil sih, tapi minimal kan gw jadi punya pengalaman masak & ngira-ngira takaran yang pas biar hasilnya enak. ;p Apalagi di kost gw dulu ada kebijakan tidak tertulis, apa pun yang ada di kulkas & meja makan, kalau tidak dinamai, berarti itu hak publik. Kost yang sangat kondusif untuk belajar memasak bukan?? Hehehe... Jadi kebawa suka eksperimen masak ampe sekarang.

Barusan nyoba bikin Sup Krim Kentang. Inspirasinya sih dari Cream Soup-nya Pizza Hut, mungkin karena waktu itu gw emg lagi laper, sup krimnya kerasa enak bgt. Yang gw inget, sup krim mereka menggunakan bawang bombay & daging asap.

Sup Krim Kentang ala gw ini GAMPANG BANGET.
Bahan-bahannya rada ngaco sih *hehehe*, tapi ternyata hasilnya enak juga, wihiiy. Percaya deh.

Sup Krim Kentang Tengah Malam

Siapkan:
1/5 buah bawang bombay, dicacah (secukupnya)
1 lembar daging asap, cacah kecil-kecil
butter secukupnya

2 sdm tepung terigu
1/2 gelas susu cair
2 sdt susu kental manis
2 sdt maizena, larutkan dengan 1 sdm air hangat

1/2 gelas air
1/2 buah kentang ukuran sedang, potong dadu
1 lembar daun bawang, dicacah (secukupnya)
butter secukupnya
garam & lada putih (secukupnya)
Mari Mulai Mencampur-campur:
  1. Tumis cacahan bawang bombay dan daging asap dengan butter sampai harum. Sisihkan.
  2. Campur susu, tepung, dan susu kental manis. Masukkan larutan maizena. Aduk rata, sisihkan.
  3. Masukkan bahan-bahan lainnya ke dalam panci, beserta tumisan daging asap & bawang bombay, tutup dan biarkan 20-30 menit dengan api sedang sampai kentang melunak.
  4. Setelah kentang lunak, masukkan campuran susu & larutan maizena ke dalam panci. Aduk rata 5-10 menit sampai semua tercampur rata & sup mulai mengental.
  5. Hidangkan! Cukup buat satu orang saja, jangan dibagi-bagi karena enak banget. Ahahaha... :D
Just in case ada yang bertanya-tanya kenapa gw pake susu kental manis, hmm... itu cuma karena di dapur lagi ngga ada kaldu ayam, hehehe daripada hambar mending dikasi sedikit touch-up. Tapi beneran, ENAK kok! Hahaha...

Oia, kalo ngga yakin sama resep gw, bisa liat resep aslinya di sini:
http://www.potatosouprecipe.com/Recipes/HomemadePotatoSoup.htm

Enjoy! :)

4 comments:

  1. haii ajeeng.. ga sengaja nemu blognya ni.. aku link ya.. ;)

    ReplyDelete
  2. Hai Kikiii... :) Boleh banget, hehehe thanks ya. Nanti aku link juga ya blognya Kiki...

    ReplyDelete
  3. jenkiii...aku juga baru tau dirimuw punya blog,aku link yaaa..baru tau juga loe suka masak hehehe ;)--asti

    ReplyDelete
  4. @ Asti : Hehehe.. Silahkan2! Thankkksss Ti. Gw link balik yak. :) Sebenernya bukan suka masak sih, tp lebih tepatnya : suka ber-eksperimen dengan makanan, hahaha... :D

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails