Monday 13 July 2009

Permohonan Paspor Online

Huaaa... hari ini seharian ngurus paspor yang udah habis masa berlakunya di Kantor Imigrasi. Sebelumnya gw udah siap-siap minta cuti setengah hari buat ngurus paspor, tapi ternyata musti balik lagi ke kantor imigrasi setelah istirahat makan siang buat ambil foto & sidik jari. Yo wis deh, jadinya ngambil full day leave dadakan.

Tapi berkat adanya layanan online permohonan paspor di website Ditjen Imigrasi RI (http://www.imigrasi.go.id), urusan tatap muka yang harusnya tiga kali, jadi bisa cuma dua kali. Dan bagusnya lagi, tatap muka terakhir bisa diwakilkan, karena memang cuma untuk mengambil paspor, yippy! :)

Gw seneng sekarang instansi pemerintah mulai melek teknologi, hahaha jadi semuanya jadi lebih mudah & ngga perlu lewat calo. Gw baru tau ternyata istilah "perpanjang paspor" tuh ngga ada, kalo paspor dah mati ya musti bikin paspor baru dengan kode paspor yang berbeda, cuma bedanya harus ngelampirin paspor lama aja.

Jadiii, begini tahapan untuk mendaftar permohonan paspor baru (secara online):

Read more...

4 comments:

  1. map passport emang hrs warna kuning yah?

    ReplyDelete
  2. Bukan harus warna kuning, tapi HARUS pake map yang disediakan khusus oleh Departemen Imigrasi. Yang warnanya KUNING. Hehehe...

    Di map ini ada logo Departemen Imigrasi-nya segala, dan ada kolom isian nama & alamat, menurut gw sih emang perlu ada map khusus. Kenapa? Ya supaya gampang meriksanya. Bayangin aja, tiap hari mereka meriksa berpuluh-puluh aplikasi, klo ga ada sistem, pasti berantakan & pengurusan aplikasi paspor pasti tambah lelet, trus nantinya kan lagi-lagi kita sebagai "konsumen" yang dirugikan. Ya nggak?

    Just my two cents. :)

    ReplyDelete
  3. Butuh waktu berapa hari sejak submit online hingga jadi?

    ReplyDelete
  4. nha kalo paspor lama saya sudah ludes tak bersisa, terus apply via OnLine'nya gimana donk?
    kalo dicantumkan rusak, kan kudu melampirkan paspor lama yg rusak,
    lha masa mao dilampirin kulitnya yg ijo itu doank.. ?
    Soalnya paspor lama saya uda ludes dimaem rayap..
    cuma sisa kulit ijonya doank...

    ReplyDelete

Related Posts with Thumbnails