Monday 12 May 2008

Jawabannya adalah...



Hmm... Banyak yang nanya ke gw mengenai satu hal, dan jawabannya gw posting aja ya di blog ini. Sebenernya ini cuma masalah sudut pandang & cara berpikir yang ngga lazim aja buat orang kebanyakan, jadi sebelum posting yang ini dibaca, tolong buka pikiran selebar-lebarnya.

Gw nulis ini cuma untuk ngasi satu perspektif lain... Satu sudut pandang dari mata & otak gw. Mau diterima ya sukur, ngga diterima ya gapapa, toh ngga ada yang rugi. Ya toh?? :)

Pertanyaannya adalah,
"Lo ngga ngerasa rugi Jeng, S-2 lo sekarang ngga kepake?"

Dan jawabannya adalah,
"Ngga."

Nah, ini alasan gw :
(Inget ya, buka pikiran selebar-lebarnya...)

Tujuan awal gw ngambil Master emang bukan buat jadi "spesialis/ahli" dalam sesuatu. Justru gw menghindari bidang yang ngebuat gw jadi terlalu spesialis dalam satu bidang aja. Tujuan awal gw adalah nambah skill banyak-banyak, belajar sesuatu yang baru sebanyak yang gw bisa, & ketemu banyak orang dengan disiplin ilmu yang berbeda-beda. Supaya kalo misalnya suatu saat nanti gw bosen ama bidang yang ini atau suatu saat bidang yang lagi gw geluti sedang ngga berjalan dengan baik, gw bisa "lompat" ke bidang yang lain dengan lebih mudah, dibanding kalo gw hanya menggeluti satu bidang aja.

Berhubung gw ini tipe orang yang bosenan ama rutinitas, nah "menghindari-menjadi-spesialis" itu juga salah satu kiat gw supaya gw tetep excited menjalani apa yang gw lakukan. Hasilnya ya gw ngelakuin sesuatu lebih total, ngga setengah-setengah, soalnya gw punya rasa excited itu tadi.

Trus, dengan gw ngambil Master ini, secara ngga langsung gw juga belajar cara belajar, belajar me-manajemen orang, & sekaligus belajar memahami sudut pandang yang berbeda-beda, karena mengharuskan gw buat ketemu banyak orang dengan disiplin ilmu yang berbeda-beda. Belajar kerjasama & nyatuin visi dengan banyak orang, dengan menghindari sikap defensif. Karena bidang yang gw ambil ini perlu banyak kerjasama dengan berbagai bidang lainnya, istilahnya : multidisiplin.

Kadang-kadang, kalo gw ngejawab kaya gini ke orang yang nanya, ada beberapa orang yang tanggepannya jadi defensif. Gatau napa. Padahal kan dia yang nanya. Ya kalo emang tujuan gw kaya gitu, mo diapain lagi coba? Akhirnya sekarang gw liat-liat dulu sapa yang nanya, kalo emang keliatan ujung-ujungnya ngajak debat, palingan gw cuma jawab singkat, "Ngga." End of discussion.

Ngga jarang, gw sempet di-underestimate beberapa orang (yang tipe-tipe cynical) karena bawaan gw yang "go-with-the-flow", jadi kesannya ngegampangin masalah banget. Padahal sebenernya sikap "go-with-the-flow"-nya gw ya juga pake mikir. Yahh kalo gw nyulit-nyulitin "masalah" juga si "masalah" ngga akan berkurang, malah tambah mumet kan. Mending dipikirin yang tenang. Otak jadi lebih bisa kerja & bisa ngebantu nyelesein masalah. Ya ngga? Ini sih opini gw aja.

Gw bisa mikir kaya gini juga mungkin karena keluarga besar gw juga rata-rata kaya gitu. Punya rasa tertarik sama banyak hal & jadinya ngedorong diri sendiri buat belajar lebih banyak skill. Belajar 4 tahun di satu bidang bukan berarti kita HARUS MUSTI KUDU berprofesi seumur hidup di satu bidang itu tadi. Be creative.

Kalo kata Robert T. Kiyosaki di dalam buku pertamanya, Rich Dad Poor Dad : "Bahayanya spesialisasi, kalo suatu ketika saya dipaksa keluar dari industri itu, keterampilan hidup saya ngga akan dibayar setinggi itu harganya untuk industri lain."

Yah, berhubung Kiyosaki juga salah satu orang yang "think-out-of-the-box", jadi buat orang kebanyakan pasti opini Kiyosaki ini juga bakal ngeluarin tanggepan defensif lainnya deh. Emang susah kalo mo ngomong ama orang yang kotak pikirannya ga bisa melar, ngga fleksibel. Tapi yahh, sekali lagi, ini cuma masalah sudut pandang. Selama ngga ngerugiin orang lain, take it or leave it.

Done
.

+ + + + +

Btw, gw sempet kok ngerjain beberapa proyek Landscape & Urban Design. Ilmu gw kepake kan.. kepake kan.. Puas? Puas? *tukul mode on* Lagian bukan berarti ilmu yang ngga kepake sekarang, ngga akan dipake lagi di masa depan. Gw sendiri penganut prinsip kalo "ilmu-pasti-selalu-ada-manfaatnya".

Aahhh, last but not least... No heart-feeling yak buat posting yang ini.
Ini kan cuma opini pribadi. Anggep aja dongeng sebelum tidur. :P

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails